Selamat Datang di Website Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Capacity Buildings

El Nino dan Upaya Ketangguhan Secara Kolaboratif

bengkelappek.org, Bertajuk “El Nino dan Upaya Ketangguhan Secara Kolaboratif”, Bengkel APPeK NTT dan C4LEDGER-Konsepsi NTB bekerjasama dalam project Voices For Just Climate Action-Inclusiveness Climate Knowledge Management Network (INCLICK-MNet) In Indonesian.

Penandatanganan Kesepakatan Kerja Kolaborasi Untuk Mengatasi Dampak Perubahan Iklim (Foto: FB Bengkel APPeK NTT)

Kerja sama ini melahirkan gerakan bersama mengantisipasi dampak perubahan iklim di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diberi nama "Deklarasi Oktober". 

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel by Aston Kupang pada 04-05 Oktober 2023, menghadirkan sejumlah lembaga yang terdiri dari Unsur Pemerintah, Akademisi, NGO/CBO, Kelompok/Comunitas/Petani dan Media.

Bengkel APPeK NTT, hadir sebagai koordinator yang mewadahi kelompok ini untuk, tidak hanya membahas, menemukan dan juga mencari solusi atas perubahan iklim.

Tapi juga membuat gerakkan nyata dan kompleks, turut memberikan masukan kepada pemerintah atas perubahaan iklim ke depan.

Vinsen Bureni, Direktur Bengkel APPeK  menyebut kegiatan deklarasi itu akan dikuti oleh aplikasi lanjutan dilapangan.

Paling tidak, kata Vinsen, kolaborasi ini bisa memberikan pemahaman yang maksimal bagi masyarakat, meningkatkan kesadaran soal dampak perubahan iklim yang kini santer dirasakan.

"Mau sampaikan ke publik kita punya komitmen terhadap perubahan iklim dan dampaknya. Itu dibuktikan dengan beberapa kebijakan tadi yang sudah disampaikan," katanya. 

Komitmen yang sudah dibentuk dalam deklarasi, demikian Vinsen akan berkelanjutan.

"Kita akan tindak lanjuti kedepan. Kita sudah ada komitmenbersama tehadap tiga hal pertama kebijakan, kita mendorong di Rencana Pembangunan Jangka Panjang, kita berkontribusi disana berkaitan dengan dampak perubahan iklim," ujarnya. 

Kedua Kelembagaan, menurutnya, harus saling koordinasi untuk pekerjaan yang berkaitan dengan dampak perubahan iklim

"Kita membangun jaringan dengan dinas pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi," jelasnya. 

"Ketiga aspek komunitas, kita munculkan ide untuk menyampaikan pesan dan disebarkan ke komunitas. Membantu pengetahuan langsung bagi masyarakat," katanya.

Sementara, Kasubid di BAPPEDA NTT Gebby Adu, menyebut bahwa perubahan iklim berdampak pada hal hal lain.

"Kita bicara soal langkah ke depan. Kami berharap lepas dari sini komitmen yang kita sudah sama-sama menjadi catatan agar tidak dilupakan," 

"Supaya perubahan iklim9 menjadi isu yang sangat penting. Ini menjadi hal menarik agar terus berkolaborasi," tukasnya.***

 

 

#Tagline :

Tim Media
Terbentuk sejak Tahun 2014 dan aktif menyampaikan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bengkel APPeK NTT.
Bengkel APPeK

www.BengkelAPPeK.org

Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Tentang Kami

Kami adalah Organisasi Berbadan Hukum, Perkumpulan Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan, dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan, serta Pengembangan TKLD di Berbagai Level.

Alamat

Kantor Bengkel APPeK

Jalan Raya Baumata Penfui
Lingkungan Kampung Baru, RT 024/RW 011
Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Email

bengkel.appek@gmail.com

Media Sosial Bengkel APPeK