Selamat Datang di Website Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Capacity Buildings

Pulang, Kisah Nona Sila Selama Magang di Bengkel APPeK

Lidwina Sila - Magang MBKM Jikom Undana 2023

“belum selesai satu, satu datang lagi seperti tugas kuliah yahh”

Nona Sila

Pulang, adalah satu kata yang tidak ingin saya sebutkan dalam kehidupan karena punya banyak kenangan dalam satu kata itu. Baiklah, saya memulai cerita ini dengan perkenalan.

Hallo, saya Lidwina Sila, biasa di panggil Nona, salah satu mahasiswa Ilmu komunikasi, Universitas Nusa Cendana. Pada awal bulan agustus tepatnya tanggal 7 agustus 2023, Saya dan 11 (sebelas) teman mimilih salah satu tempat magang di suatu Lembaga Swadaya Masyarakat. LSM itu bernama Bengkel APPeK. “Bengkel”?? Yahhh tempat di mana dapat memperbaiki semua masalah-masalah yang dikeluhkan dan mencari jalan keluar terbaik dari permasalahan tersebut.

Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung yang berdiri sejak tahun 2006. Umur yang masih dilang sangat muda namun sudah banyak membantu masyarakat baik di kabupaten maupun kota di Nusa Tenggara Timur.

Hari pertama ketika kami di antar oleh dosen pembimbing lapangan, dalam hati saya berpikir “apa yang nanti saya kerjakan?”. Namun ternyata banyak sekali pekerjaan yang akan kami kerjakan. Hari pertama kami diberi tugas untuk mengetik daftar hadir begitu banyak dan diberi batas waktu. “Woooww luar biasa” dalam hati saya berkata demikian. “belum selesai satu, satu datang lagi seperti tugas kuliah yahh” dan kecepatan yang diutamakan.

Hari kedua dan seteruskan kami diberi tugas lagi untuk tracking PBJ, tracking Caleg, ikut diskusi Publik dan kegiatan lainnya.

Para staf “Bengkel” seperti kaka dan adik, tidak merasa canggung ketika berada dekat mereka. Setelah kami diceritakan banyak hal kami juga banyak mendengarkan kerja-kerja yang sudah berhasil dijalanakan serta program kerja di LSM ini.

Kami diajarkan untuk tidak begitu takut “kalau kita takut bagaimana kita mau selesaikan masalah. Jadi, orang yang bekerja dibidang seperti ini harus berani entah itu di kampus atau di masyarakat” salah satu kalimat yang saya dapatkan ketika duduk dan bercerita bersama staf “Bengkel” sangat memotivasi diri. "bawah santai saja tapi harus serius".

Kami dibagi dalam beberapa program kerja di “Bengkel” saya dan 2 teman saya mendapat di program bersama ICW (Indonesia Corruption Watch) program kerja yang luar biasa bisa bekerja sama dengan orang-orang yang hebat bergerak dalam bidang pemberantasan korupsi yang ada di Indonesia. Banyak kegiatan-kegiatan yang kami ikuti.

Hal paling berkesan ketika kegiatan di lapangan dan wawancara bersama warga serta mendengar keluhan-keluhan mereka. Keluhan-keluhan mereka yang menjadi fokus untuk mencari jalan keluar terbaik, kami tidak saja mendengar namun ikut mencari solusi.

Saya bersyukur bisa berkesempatan magang di Bengkel APPeK, kami tidak merasa canggung, kamunikasi antara kami dan para staf juga terjalin sangat harmonis, kadang kami berbuat salah yahh harus ditegur.

Baiknya, kami ditegur ketika sudah berada di “Bengkel” memberi masukan, memberi taguran bukan hal yang membuat beban namun menjadi pembelajaran untuk kami kedepannya.

Kita dalam LSM bukan hanya datang dari tempat yang sama namun datang dari berbagai daerah dan punya kebiasaan yang berbeda pula dan itu unik semua perbedaan disatukan dalam lembaga ini dan meninggalkan ego masing-masing serta fokus pada apa yang dikerjakan tanpa memandang suku maupun ras.

Pesan dan kesan yang luar bisa juga saya dapatkan para staf “Bengkel” ketika kami hendak Pulang kembali ke kampus, ada satu pesan seperti ini “Bengkel ini terbuka untuk kalian, Penarikan hanya formalitas saja kapan saja kalian mau datang silahkan pintu terbuka, kalian mau butuh bantuan juga silahkan kami siap untuk bantu, jangan karena sudah penarikan jadi kalian memutuskan hubungan”.

4 bulan bukanlah waktu yang sangat cepat suka duka berjalan dan lalui bersama, magang telah berakhir terhitung dalari bulan Agustus hingga Desember 2023 namun kekeluargaan akan tetap terikat.***

#Tagline :

Tim Media
Terbentuk sejak Tahun 2014 dan aktif menyampaikan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bengkel APPeK NTT.
Bengkel APPeK

www.BengkelAPPeK.org

Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Tentang Kami

Kami adalah Organisasi Berbadan Hukum, Perkumpulan Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan, dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan, serta Pengembangan TKLD di Berbagai Level.

Alamat

Kantor Bengkel APPeK

Jalan Raya Baumata Penfui
Lingkungan Kampung Baru, RT 024/RW 011
Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Email

bengkel.appek@gmail.com

Media Sosial Bengkel APPeK